Kunjungan Dr. Umar Abdullah Bamahsun ke PPs. UIKA Bogor

Hari Rabu, 20 Juni 2012 Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun Bogor mendapat kunjungan istimewa dari luar negeri. Beliau adalah Dr. Umar Abdullah Bamahsun, salah satu pakar ekonomi Islam dan juga konsultan di beberapa Bank Islam di Timur Tengah.  Kunjungan ini disambut hangat oleh Direktur PPs-UIKA, Ketua-Ketua Prodi, Guru Besar PPs-UIKA dan dosen, para staf, juga Pembina dan pengurus Yayasan, serta jajaran pimpinan Rektorat Universitas  Ibnu Khaldun.

Dalam sambutan berbahasa Arab, Prof. Dr. Didin Hafidhuddin, MS mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk silaturrahim dan kunjungan persaudaraan Islam. Beliau berharap Dr. Umar Abdullah Bamahsun merasa seperti datang ke rumah sendiri karena kampus ini adalah kampus Islam, rumah besar perjuangan pendidikan dan dakwah. Beliau juga menjelaskan tentang sejarah berdirinya Universitas Ibnu Khaldun oleh beberapa tokoh Islam yang concern terhadap pendidikan, seperti Mohammad Natsir, KH. Sholeh Iskandar, dan lainnya.

Prof. Dr. Didin Hafidhuddin, MS mengatakan bahwa Universitas Ibnu Khaldun ini didirikan atas motto ilmu, iman, dan amal. Dengan harapan kampus ini akan melahirkan para sarjana yang memadukan tiga hal tersebut dalam aktivitas mereka. Dengan memiliki beberapa program studi Magister dan Doktoral, PPs-UIKA berharap dapat terus menerus menyempurnakannya.

Dr. Umar Abdullah Bamahsun sendiri merasa senang datang ke UIKA Bogor. Ada dua alasan yang dikemukakannya; pertama, Beliau senang karena kehadiran kampus ini adalah berkat peran Mohammad Natsir dan tokoh Islam lainnya. Beliau mengatakan bahwa sangat mengenal dan mengagumi tokoh Mohammad Natsir. Kedua, Beliau senang karena nama Universitas ini adalah Ibnu Khaldun, tokoh Islam abad ke-13 yang terkemuka di masanya hingga kini. Ide-ide dan gagasan Ibnu Khaldun hingga sekarang masih banyak digunakan oleh para intelektual Islam maupun Barat. Beliau berharap kunjungan ini dapat diteruskan di masa depan dalam bentuk kerjasama yang konkrit dalam bidang pendidikan dan dakwah, seperti beasiswa pendidikan.

Kunjungan ini sangat berkesan bagi PPs-UIKA. Prof. Dr. Didin Hafidhuddin berharap kunjungan ini membawa kebaikan untuk UIKA. Ke depan, Beliau meminta Dr. Ulil Amri Syafri dan tim menindaklanjuti dan merealisasikan bentuk-bentuk kerjasama yang telah dijajaki tersebut.

You may also like...