Mahasiswa Baru Magister Manajemen Turut Serta dalam Kegiatan Ta’aruf Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor TA Ganjil 2023-2024

Sekolah Pascasarjana (SPsUIKA) Bogor menyelenggarakan kegiatan Ta’aruf Mahasiswa Baru T.A Ganjil 2023/2024 yang berlangsung di gedung KH. Abdullah Siddiq Universitas Ibn Khaldun (UIKA) Bogor (14/10).

Wakil Direktur Bidang Akademik, Inovasi dan Kemahasiswaan, H. Hendri Tanjung, Ph.D dalam laporannya sebagai ketua pelaksana kegaiatan ta’aruf ini menyampaikan, kegiatan ta’aruf tahun ini diikuti oleh 164 mahasiswa baru dan meyakinkan bahwa para pengajar Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor ini selain lulusan dari dalam dan luar negeri juga ahli dibidangnya.

Kegiatan ta’aruf ini dibuka oleh rektor UIKA Bogor yaitu Prof. H. E. Mujahidin. M.Si Dalam sambutan pembukaannya mengharapkan para mahasiswa baru dapat menyelesaikan studinya tepat waktu agar lebih cepat dalam mengabdi kepada bangsa. Selain itu, harapannya juga mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIKA memiliki aktivitas dan publikasi baik taraf nasional maupun internasional.

Turut hadir ketua Yayasan Pendidikan Ibn Khaldun (YPIKA) Bogor yaitu Dr. H. Didi Hilman, M.H. dan menyampaikan ucapan selamat bergabung di Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor, juga men-ta’aruf-kan kepada mahasiswa baru siapa saja tokoh-tokoh besar pendiri dan yang ikut membangun UIKA Bogor.

Dalam membangun UIKA Bogor, Sekolah Pascasarjana turut andil di dalam perannya, ini terlihat dalam Visi yaitu Menjadi Sekolah Pascasarjana Unggul Berbasis Keislaman dan Teknologi Berdayasaing Global Tahun 2030.

Direktur Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor yaitu Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS. dalam paparan sambutannya menyampaikan dari Visi tersebut ada empat dasar yang menjadi pegangan yaitu fiqhuddin (faham ilmu agama secara benar), fiqhunnas (memahami kondisi manusia, sehingga tepat dalam menyampaikan yang baik), fiqhul waqi (memahami realita, sehingga keunggulan apa yang harus disiapkan untuk menghadapi dayasaing global), dan akhlakul karimah.

Setelah serangkaian kegiatan pembukaan selesai dan ditutup do’a oleh kepala Program Studi Magister Agama Islam yaitu Dr. H. Abas Mansur Tamam. Lc.,M.A. dilanjutkan dengan dua materi yang disampaikan oleh H. Hendri Tanjung, Ph.D sebagai wakil direktur I Bidang Akademik, Inovasi dan Kemahasiswaan terkait materi ke-Ibn Khaldun-nan dan Dr. H. Ibdalsyah. M.A. sebagai wakil direktur II Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Dakwah terkait biaya kuliah.

Mengutip pernyataan Ibn Khaldun yang disampaikan H. Hendri Tanjung, Ph.D untuk para mahasiswa baru, yaitu “Ketahuilah bahwa pendidikan Al-Qur’an adalah syiar agama oleh umat Islam sedunia. Oleh karena itu, pendidikan Al-Qur’an dapat meresap kedalam hati dan memperkuat iman. Pengajaran Al-Qur’an patut diutamakan sebelum mengembangkan ilmu-ilmu yang lain.”

Untuk menambah semangat dalam menuntut ilmu, Dr. H. Ibdalsyah juga menyampaikan pesan yang diambil dari nasehat Imam Asy-Syafi’i yaitu “Wahai saudaraku, Anda tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 syarat, yaitu cerdas, memiliki semangat untuk mendapatkan ilmu, bersungguh-sungguh, berkecukupan (menyiapkan dana untuk meraih ilmu), sanad ilmu dari guru yang jelas, dan membutuhkan waktu yang lama.”

Mahasiswa Baru Magister Manajemen Kegiatan Ta’aruf Keprodian Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor TA Ganjil 2023-2024

Setelah materi dari wakil direktur disampaikan, kegiatan dilanjutkan dengan serah terima mahasiswa ke masing-masing program studi, dilanjutkan photo bersama dan materi dari masing-masing program studi yang ada di Sekolah Pascasarjana UIKA Bogor.

Kegiatan ta’aruf ini turut dihadiri juga oleh Rektor UIKA Bogor Dr. H.E. Mujahidin, M.Si yang juga memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Ta’aruf, Ketua YPIKA Bogor, Dr. H. Didi Hilman, S.H., M.H., M.Pd.I., para Wakil Rektor, Dekan-dekan Fakultas, serta para dosen dilingkungan Sekolah Pascasarjana pun turut hadir mengikuti acara yang diselenggarakan.

You may also like...